Rabu, 11 Januari 2012

Kandungan Q.S. Yunus[10] Ayat 101

Ayat 101 Surah Yunus menganjurkan manusia mengadakan pengkajian,penelitian dan pengamatan tentang fenomena alam yang ada di langit dan bumi. Dengan melakukan hal tersebut diharapkan manusia bisa mengambil manfaat sebesar-besarnya bagi ilmu pengetahuan agar bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan dalam hidupnya.
Bagi umat islam, selaim manfaat di atas, terdapat hal pokok yang harus diperoleh dengan mengamati tanda-tanda kekuasaan Allah tersebut, yaitu agar bisa mengambil pelajaran untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan dirinya kepada Allah SWT.
Adapaun tanda-tanda kekuasaan Allah tidak bermanfaat bagi orang-orang kafir, yaitu orang yang selalu menyagkal adanya kekuatan yang mengatur alam semesta ini. Orang kafir memandang segala sesuatu berdasarkan pertimbangan akal atau logika. Oleh karenanya, orang-orang tersebut tidak akan bisa mengambil manfaat dari tanda-tanda kekuasaan Allah untuk menumbuhkan keimanan pada dirinya kepada Allah SWT.
Manusia memang dikaruniai akal yang sangat luar biasa. Dengan akalnya,berbagai ilmu pengetahuan tercipta, dari yang sederhana hingga teknologi canggih. Bagi umat Islam, semua itu adalah karunia Allah dan kita tidak boleh takabur atas semua itu, apalagi kufur kepada Allah dan menganggap manusialah penguasa alam semesta ini. Allah memberikan akal agar manusia mau menggunakannya untuk memanfaatkan alam semesta dan tidak melupakan jati dirinya, yaitu sebagai hamba Allah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar